Inilah Ciri- Ciri Batu Akik Sintesis Atau Palsu Yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri batu akik sintetis atau palsu wajib anda ketahui jika anda tak ingin tertipu ketika membeli batu akik yang banyak dijual di pasaran. Yang namanya batu akik sekarang ini sedang menemukan masa kejayaannya. Batu mulia atau batuan alam ini banyak diburu masyarakat baik untuk aksesoris saja atau untuk tambahan koleksi. Tentunya, sebagai produk yang sedang booming, banyak orang yang sengaja membuat tiruannya untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Begitupun dengan batu akik, banyak sekali orang yang menjual batu akik tiruan di pasaran. Inilah beberapa ciri batu akik palsu yang mestinya anda ketahui.

batu akik palsu

Ciri Batu Akik Tiruan

Kusam jika dibakar. Para ahli mengatakan bahwa sebuah batu akik akan dianggap asli jika batu akik tersebut tahan saat dibakar. Batu akik asli jika anda membakarnya, maka batu hanya akan mengeluarkan minyak. Setelah anda mengelapnya, maka minyak akan segera hilang. Berbeda dengan batu akik tiruan, ketika anda membakarnya, batu akik akan berubah menjadi kusam dan akan terlihat bekas bakaran pada batu akiknya. Inilah salah satu ciri – ciri batu akik sintetis atau palsu yang wajib anda tahu.

Tampak mulus dan ada gelembung pada batu akik. Batu akik sintetis dibuat dengan cara mencampurkan beberapa bahan kimia dalam pembuatannya. Tak heran jika batu akik ini tampak sangat indah saat anda melihatnya dan terkadang anda juga sukar membedakannya. Ciri – ciri batu akik sintetis atau palsu bisa anda lihat dengan kaca pembesar. Batu akik asli memiliki serat dalam batu jika anda melihat dengan kaca pembesar. Sedangkan batu akik tiruan tampak mulus dan ada gelembung dalam batunya.

Tidak mampu menggores kaca. Batu akik yang asli memang tak hanya indah, tetapi memiliki kemampuan yang cukup tak terduga. Salah satu kemampuannya ini mungkin bisa anda jadikan untuk membedakan mana batu akik asli dan batu akik palsu. Cara membedakan batu akik asli dan palsu adalah dengan menggoreskan batu akik ke kaca. Jika batu akik tersebut mampu meninggalkan bekas pada kaca, maka batu akik tersebut dianggap asli. Tetapi jika tidak, berarti batu akik tersebut palsu. Semoga ciri – ciri batu akik sintetis atau palsu di atas bermanfaat bagi para pembaca.

batu akik lain: